Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Di Instalasi Rawat Inap D RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado

Masye E. Tokalese, A. J. M. Rattu,  J. Wantania

 

*Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi Manado

**Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

***Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado

 


ABSTRAK

Kepuasan pelanggan adalah keadaan dimana kebutuhan, keinginan, dan harapan pasien dapat dipenuhi melalui produk/jasa yang dikonsumsi. Oleh sebab itu kepuasan pasien adalah suatu tolak ukur kualitas pelayanan yang dirasakan pelanggan/pasien dibagi dengan apa yang menjadi kebutuhan pasien, keinginan pasien dan harapan dari pasien itu sendiri. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap D RSUP. Prof. Dr. R.D. Kandou Manado yaitu kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness) jaminan (assurance)  perhatian(emphaty) dan bukti langsung (tangibles).  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sample 86 pasien yang dirawat di Instalasi Rawat Inap D RSUP. Prof. Dr. R.D Kandou Manado.              Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan antara variabel kehandalan(nilai p = 0.006), ketanggapan ( nilai p = 0,027), empati (nilai p = 0,042), bukti langsung (nilai p = 0.001) Pada penelitan ini juga menunjukan tidak ada hubungan antara variabel jaminan (nilai p = 0.237) dengan kepuasan pasien. variabel yang paling dominan terhadap kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap D RSUP Prof. Dr. R.D Kandou Manado adalah bukti langsung (tangibles).

Kata kunci : Kepuasan Pasien, Instalasi Rawat Inap D

ABSTRACT

Customer satisfaction is the circumstances in which the needs , desires , and expectations of patients can be met through the products / services consumed . Therefore, patient satisfaction is a measure of the perceived service quality customer / patient divided by what the needs of the patient,the patient’s wishesand expectations of the patients themselves . Factors that affect patient satisfaction in Hospital Inpatient D. Prof. Dr. R.D. KandouManadonamely reliability (reliability),responsiveness responsiveness ) guarantee (assurance ) concern ( empathy ) and direct evidence ( tangibles ).This study uses a quantitative method with cross sectional approach.Total sample 86 patients treated at the Hospital Inpatient D . Prof. Dr. R.D Kandou Manado .

                    These results indicate that there is a relationship between variables reliability ( p = 0.006 ) , responsiveness ( p = 0.027 ) , empathy ( p = 0.042 ) , direct evidence ( p = 0.001 ) In this research also shows there is no correlation between guarantee variable ( p value = 0237 ) with patient satisfaction . The most dominant variable to satisfaction of patients in the Inpatient D department of Prof. Dr. RD Kandou Manado is direct evidence ( tangibles ) .

 Keywords : Patient Satisfaction , Inpatient D
Download Full Artikel Disini