HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN UMUM TENTANG BAURAN PEMASARAN JASA DENGAN LOYALITAS PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT SILOAM MANADO

*Patricia E. N. Sembor.  **J. Posangi, *** A. J. M. Rattu, *** W. P.J. Kaunang

 

*Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi Manado

**Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado

***Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

ABSTRACT

Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang dapat digunakan untuk membentuk karakteristik jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Bagi rumah sakit, tujuan bauran pemasaran adalah terjadinya  kunjungan rawat jalan atau rawat inap karena pelayanan yang bermutu sehingga membuat pasien puas  dan menggunakan lagi penyedia jasa bahkan menyatakan hal-hal yang baik kepada orang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara persepsi pasien umum tentang bauran pemasaran jasa dengan loyalitas pasien di unit rawat jalan Rumah Sakit Siloam Manado. Penelitian survei analitik ini dilakukan selama 6 bulan dengan sampel sebanyak 96 orang. Variabel bebas yaitu persepsi pasien tentang bauran pemasaran jasa produk, harga, tempat, promosi, petugas, proses, bukti fisik dan layanan fasilitas, sedangkan variabel terikat yaitu loyalitas pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara bauran pemasaran jasa produk dengan loyalitas pasien, sedangkan ada hubungan antara bauran pemasaran jasa harga, tempat, promosi, petugas, proses, bukti fisik dan layanan fasilitas dengan loyalitas pasien. Variabel yang paling dominan adalah petugas.

 

Kata kunci : Bauran Pemasaran Jasa, Loyalitas Pasien

 

 

ABSTRACT

Marketing mix is a set of tools that can be used to establish the characteristics of the services offered to customers. For Hospital, the purpose of using marketing mix is the occurrence of outpatient visits or hospitalizations because of the excellence services which make the patient statify and reuse services provider even suggested good things to others. This research aims to determine the correlation between general patient perception of services marketing mix with patients loyalty in the Outpatients Department Siloam Hospital Manado. Thisanalytic survey was conducted in 6 months with 96 samples. Marketing mix of products, pricing, promotion, place, people, process, physical evidence, and customer service are the independent variables while the patients loyalty is the dependent variable. The result showed that there is no correlation between the marketing mix of product with patients loyalty and there is a correlation between marketing mix of pricing, promotion, place, people, process, physical evidence, and customer service with patients loyalty in Outpatient Department Siloam Hospital Manado.

 

 

Keywords: Services Marketing Mix, Patients Loyalty

 Download full artikel disini